5 Bahan Alami ini Bisa Hilangkan Jerawat Punggung, Cek Di Rumah!

jerawat di punggung
sumber foto: Google

Tak hanya berada di kulit muka, jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya seperti dada, leher, bahkan di punggung. Meski jerawat di punggung tidak terlihat, namun tetap saja akan mengganggu. 

Sebab, jerawat di punggung juga bisa sebabkan rasa sakit karena tergores dengan pakaian. Bahkan jerawat di punggung umumnya lebih meradang bila dibandingkan dengan jerawat di muka, hal ini disebabkan karena lembab.

Meski demikian, anda tak perlu khawatir karena ada beberapa gaya hidup sehat yang bisa dilakukan untuk menghindari dan menghilangkan jerawat di punggung. Namun, anda juga perlu mengobatinya agar sembuh dan jerawat tidak kembali timbul. 

Nah, beberapa bahan alami berikut ini ternyata sangat ampuh untuk mengobati jerawat dan sekaligus mencegahnya kembali. Apa sajakah bahan-bahan alami tersebut? berikut ulasan lengkapnya.

1. Lemon

Bahan alami pertama yang bisa anda gunakan untuk mengobati jerawat di punggung adalah lemon. Buah yang satu ini memiliki kandungan anti bakteri yang dapat meredakan jerawat.

Selain itu, kandungan asam I-askorbat yang dapat menghilangkan sel kulit mati. Meski demikian, bahan alami ini tidak disarankan bagi pemilik jerawat meradang di punggung dan kulit sensitif. Sebab, bisa jadi lemon membuat kulit menjadi iritasi.

Untuk menghilangkan jerawat di punggung. Anda bisa langsung mengoleskan lemon tersebut ke area yang penuh jerawat. Tunggu hingga 30 menit saat sebelum dibilas dengan bersih. Ingat, baiknya jangan bersentuhan langsung dengan kondisi kulit yang terluka.

2. Cuka Apel

Bahan alami selanjutnya yang dapat menghilangkan jerawat di punggung adalah cuka apel. Sebab bahan alami ini memiliki antiinflamasi yang ampuh menghilangkan jerawat secara efektif. Untuk menggunakannya pun cukup mudah. 

Anda hanya perlu menyediakan air satu gelas yang dicampurkan dengan 1 sdm cuka apel. kemudian oleskan menggunakan kapas. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

cuka apel
sumber foto: Google

Selain digunakan untuk mengobati jerawat di punggung, cuka apel juga dapat mengatasi flek hitam di wajah. Bahkan seringkali digunakan sebagai campuran menu diet untuk menurunkan berat badan.

3. Kunyit

Selain cuka apel dan lemon, anda juga bisa menggunakan bahan alami dari kunyit. Jika anda menggunakan bahan ini tentu saja tubuh akan ikut berwarna kuning. Meski demikian kunyit sangat ampuh menghilangkan jerawat di punggung.

Hal ini disebabkan kunyit memiliki senyawa kurkumin yang bersifat antimikroba dan antiinflamasi. Untuk menggunakannya anda cukup menghaluskan kunyit, kemudian campurkan dengan air hingga berbentuk seperti pasta. 

Selanjutnya oleskan secara merata ke punggung yang berjerawat. Diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Namun, jika ingin lebih praktis, anda bisa menggunakan bubuk kunyit.

4. Scrub gula

Menghilangkan jerawat di punggung juga bisa lebih mudah dengan scrub gula. Namun, jangan gunakan bahan alami ini saat jerawat punggung sedang meradang, karena dapat menyebabkan iritasi. 

Anda bisa melakukan eksfoliasi kulit namun dengan lembut menggunakan scrub gula. Sebab tekstur gula tersebut dapat menghilangkan sel kulit mati di punggung yang menjadi faktor utama timbulnya jerawat.

Anda bisa menambahkan minyak kelapa atau VCO ke gula agar bisa digunakan menjadi scrub. Lakukan eksfoliasi ini saat mandi. Agar mendapatkan hasil maksimal lakukan scrub gula setiap dua hari sekali.

5. Oatmeal

Tak hanya scrub gula, anda juga bisa menggunakan scrub oatmeal untuk menghilangkan jerawat di punggung. Oatmeal dipercaya sangat baik untuk bahan perawatan kulit. Hal ini disebabkan oatmeal memiliki sifat antiinflamasi.

oatmeal
sumber foto: Google

Oatmeal juga mampu menyerap minyak secara berlebihan yang sering menyumbat di pori-pori dan menyebabkan jerawat. 

Oatmeal akan bekerja membuat sel-sel kulit mati yang tersumbat mengelupas. Selain itu, bahan alami ini juga dapat menenangkan area kulit punggung yang berjerawat meradang.

Untuk menggunakannya, anda cukup mencampurkan air dan oatmeal, kemudian rendamlah selama 20 - 30 menit. Untuk mendapatkan hasil maksimal anda bisa melakukannya setiap hari. Perlahan, jerawat di punggung akan menghilang.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang ampuh menghilangkan jerawat di punggung. Agar lebih optimal anda bisa menggunakannya secara bertahap. Tentu saja dengan bahan alami ini jauh lebih aman, namun yang pasti proses penyembuhan akan memakan waktu sedikit lebih lama. 

Berbagai bahan alami di atas juga mudah didapatkan. Anda juga bisa mendapatkannya di Healthy choice, mulai dari cuka apel, VCO, gandum dan berbagai produk makanan sehat lainnya. Klik di sini untuk berbelanja bahan makanan sehat.

Tidak ada komentar untuk "5 Bahan Alami ini Bisa Hilangkan Jerawat Punggung, Cek Di Rumah!"