Cara Jitu Menidurkan Bayi yang Rewel saat Tumbuh Gigi

Bayi biasanya memang akan lebih banyak tidur daripada terbangun. Namun, ketika si kecil sulit tidur, pasti membuat Bunda jadi resah dan khawatir. Terlebih lagi saat bayi mulai tumbuh gigi antara usia 4 hingga 7 bulan. Bayi akan jadi lebih rewel dan sulit untuk tertidur lelap.

Berikut ini adalah beberapa cara menidurkan bayi yang rewel saat sedang tumbuh gigi. Yuk langsung disimak!

Pijat Gusi Bayi Jika sedang Tumbuh Gigi

Salah satu cara meringankan rasa sakit di gusi bayi agar bisa tertidur ialah dengan memijat gusi bayi. Menurut beberapa sumber, Bunda bisa menggosok atau memijat dengan lembut gusi si kecil menggunakan handuk basah yang dingin atau jari tangan yang bersih.

Bisa juga meletakkan handuk basah yang sebelumnya ditaruh di dalam kulkas terlebih dahulu. Jangan letakkan di freezer ya, sebab jika terlalu dingin malah membuat gusi bayi semakin tidak nyaman.

Lakukan Rutinitas sebelum Tidur

Penting sekali bagi Bunda untuk mengatur jadwal tidur bayi sebagai cara menidurkannya yang sedang rewel. Ketika bayi mempunyai pola tidur teratur, tubuh mereka akan menyesuaikan diri. Rutinitas sebelum tidur juga akan membuat bayi secara otomatis mengantuk saat menjelang tidur.

Rutinitas sebelum tidur yang bisa Bunda terapkan di antaranya mandi air hangat, berganti popok, membacakan dongeng, bernyanyi atau digendong sampai si kecil tertidur. Selain itu, Bunda bisa meredupkan lampu dan menjauhkannya dari keramaian sekitar 30 menit sebelum tidur.

Berikan Obat untuk Menghilangkan Rasa Sakit

Biasanya, bayi yang rewel karena tumbuh gigi akan sulit tidur akibat gigi-gigi kecil menembus gusi yang sensitif, sehingga bisa menimbulkan nyeri. Disarankan untuk memberikan acetaminophen dengan dosis yang tepat bersama dengan teething ring.

Untuk bayi yang berusia di atas 6 bulan, dosis acetaminophen atau ibuprofen yang tepat bisa digunakan sesuai keparahan rasa sakit. Harus sesuai anjuran dokter anak ya, Bunda.

Itu dia beberapa cara menidurkan bayi rewel karena tumbuh gigi. Agar si kecil tidak tambah rewel karena merasa tidak nyaman dengan popoknya, gunakan popok Merries. Tiga lapisannya bisa menyerap cairan lebih cepat dan banyak, serta bebas pengap karena sirkulasi udara yang lancar. Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman merries.co.id. Semoga ulasan ini bisa membantu, ya!

Tidak ada komentar untuk "Cara Jitu Menidurkan Bayi yang Rewel saat Tumbuh Gigi"