Yukk Ketahui Tips Mudah Dampingi Anak Belajar di Rumah

tips mudah dampingi anak belajar di rumah

Tidak hanya belajar di sekolah, anak juga perlu mendalami atau mengulang materi di rumah agar mereka semakin paham mengenai ilmu yang dipelajari. Saat ini, orangtua memiliki peran untuk melakukan pendekatan sehingga belajar menjadi lebih menarik dan produktif.

Kebiasaan belajar yang produktif memang membutuhkan strategi yang tepat. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Ayah Bunda praktekkan di rumah. Simak hingga akhir, ya!

Tips Mendampingi Anak Belajar

Sediakan Tempat Belajar yang Nyaman

Langkah pertama yang penting untuk Ayah Bunda lakukan adalah dengan menghidupkan suasana rumah yang produktif. Jika belajar di rumah, maka berikan ruangan khusus untuk belajar. Kondisikan ruangan tersebut tidak terlalu berisik agar anak lebih fokus dalam mempelajari materi sekolahnya.

Sesuaikan Gaya Belajar Anak

Secara umum, gaya belajar memiliki tiga tipe yakni visual, auditori, dan kinestetik. Masing-masing tipe mempunyai ciri khasnya masing-masing. Ayah Bunda perlu memahami perbedaan dari setiap gaya belajar anak tersebut.

Beberapa anak mungkin bisa lebih memahami materi dengan membaca lebih dulu, namun lainnya ada yang lebih mudah paham jika orangtua bacakan. Oleh sebab itu, penting bagi orangtua untuk memahami gaya belajar anak yang tepat.

Buatkan Jadwal Anak

Jadwal ini meliputi mata pelajaran dan tema apa yang harus anak pelajari hari ini. Selain itu, dengan adanya jadwal, anak akan lebih paham kapan mereka harus belajar dan mengerjakan tugasnya di rumah.

Pembuatan jadwal untuk kegiatan di rumah akan membantu anak belajar dengan lebih teratur dan disiplin.

Maksimalkan Waktu Bersama Anak

Ketika mendampingi anak belajar di rumah, Ayah Bunda memiliki kesempatan untuk quality time bersama si Kecil. Ingat ya, belajar tidak hanya sebatas kegiatan membaca, menulis, maupun berhitung. Namun, justru dalam keadaan ini, orangtua bisa memperbanyak cara diskusi dengan anak.

Orangtua dapat mencari cara yang unik dengan memanfaatkan benda sekitar atau mainan kesukaan anak sebagai media belajar. Ayah Bunda bisa mencari inspirasi permainan kreatif yang bisa melatih kemampuan motorik dan sensorik anak.

Damping Anak Belajar dengan Pijar Belajar

Apa itu Pijar Belajar

Pijar Belajar merupakan layanan dari PT. Telkom Indonesia yang memiliki tujuan mulia dalam rangka pemerataan pendidikan Indonesia. Tidak hanya itu, hadirnya Pijar Belajar ini juga mempunyai visi misi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.

Keunggulan Pijar Belajar

  • Materi lengkap SD-SMP-SMA

Pijar Belajar memungkinkan setiap pelajar dapat mengakses materi pembelajaran secara lengkap mulai dari jenjang sekolah dasar, menengah pertama, hingga menengah atas. 

Dalam layanannya, tersedia buku sekolah elektronik, soal latihan belajar, soal latihan ujian, dan video pembahasan yang bisa anak akses.

  • Harga terjangkau banget

Pijar Belajar merupakan platform edukasi digital yang telah terancang untuk setiap pelajar agar mereka memperoleh asupan pembelajaran dengan harga yang terjangkau. Materi dan soal latihan bisa pelajar akses di mana saja dan kapan pun.

  • Start 10rb

Meskipun harganya sangat terjangkau, Pijar Belajar tetap memberikan berbagai fitur yang menarik sehingga proses belajar penggunanya semakin mudah. 

Hanya mulai dengan Rp10.000 saja, buah hati sudah bisa mengakses beragam materi sesuai dengan kebutuhannya. Ayah Bunda bisa memilih paket yang diinginkan, ya!

  • Bisa diakses laptop dan smartphone

Tidak hanya fitur yang menarik, untuk memberikan pengalaman yang luar biasa. Video dan buku materi bisa pelajar akses menggunakan smartphone atau laptop, lho. Oleh sebab itu, anak bisa belajar di mana saja hanya dengan ponselnya. Kini belajar semakin lebih mudah bersama Pijar Belajar.

Yuk, download aplikasi Pijar Belajar dan segera daftarkan anak Ayah Bunda. Wujudkan generasi pintar bersama Pijar Belajar!

Tidak ada komentar untuk "Yukk Ketahui Tips Mudah Dampingi Anak Belajar di Rumah"