Apa itu Ongkos Kirim dan Tips Berhemat Ongkir

Ongkos kirim adalah biaya yang harus dikeluarkan ketika ingin mengirim barang dari suatu daerah ke daerah lain. Besarnya biaya pengiriman tergantung pada seberapa jauh jarak tempuh barang yang akan dikirim. Artinya jika semakin jauh kegiatan mengirim barang maka biaya kirimnya juga akan semakin mahal.

Saat kirim barang tentu saja perlu yang namanya memilih ekspedisi yang tepat agar biaya kirim barang jauh lebih hemat. Lalu bagaimana cara menghemat biaya pengiriman apalagi untuk kirim barang setiap hari? 

Cara Hemat Ongkos Kirim

Jika Anda memiliki sebuah bisnis online shop, tentu saja pengiriman barang akan dilakukan setiap hari. Lalu bagaimana caranya agar bisa menghemat biaya pengiriman? Berikut ini akan dijelaskan beberapa pertimbangan dalam menghemat ongkos kirim.

Cari Ekspedisi Dengan Pengiriman Gratis
Di Indonesia sendiri ada cukup banyak pilihan ekspedisi yang memungkinkan anda untuk kirim barang dengan gratis biaya pengiriman. Biasanya ekspedisi-ekspedisi tersebut memberikan persyaratan minimum pengiriman gratis misalnya untuk berat barang lebih lebih dari 1 kg misalnya.

Saat mengetahui ada ekspedisi yang memberikan biaya pengiriman gratis, maka terlebih dahulu ketahui apa saja syaratnya. Lalu perhatikan apakah barang yang Anda kirim sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan ongkos gratis atau belum.

Pilih Pengiriman Standard

Saat kirim barang sebaiknya pilih ekspedisi dengan pengiriman standar agar biaya pengiriman bisa dihemat. Setiap orang tentu ingin barang yang dikirim cepat sampai, namun untuk kategori pengiriman barang yang lebih cepat maka Anda harus mengeluarkan biaya yang juga lebih mahal.

Apalagi jika Anda tidak sedang dalam keadaan darurat untuk kirim barang cepat maka bisa memilih pengiriman standar agar tidak melakukan pemborosan dengan biaya kirim yang mahal ini. Anda juga perlu bersabar karena pengiriman standar biasanya sedikit lebih lama sampainya barang dibanding pengiriman express.

Gunakan Maksimal Promo yang Ada

Ketika ingin kirim barang maka bisa pilih ekspedisi yang menawarkan promo. Saat ini ada banyak sekali jasa kurir dari berbagai ekspedisi yang dihadirkan dan untuk menarik para pelanggan biasanya memberikan banyak sekali promo untuk memikat hati para pengguna.

Dengan memanfaatkan promo yang ada, sudah pasti Anda bisa dapat biaya pengiriman lebih hemat karena adanya diskon potongan harga bahkan memungkinkan untuk dapat gratis pengiriman.

Lakukan Survey

Jika ingin sedikit lebih repot, maka Anda bisa melakukan survei terkait biaya pengiriman untuk dapatkan ongkos kirim yang paling murah. Dari banyaknya pilihan pengiriman barang di Indonesia maka Anda bisa bandingkan antara jasa ekspedisi 1 dan lainnya.

Namun pastikan memilih jasa pengiriman murah untuk hemat ongkir didukung dengan layanan pengiriman barang yang memang berkualitas. Karena ditakutkan biaya kirim yang terlalu murah malah tidak didukung dengan kualitas pengiriman barang yang bagus sehingga sangat mengkhawatirkan. Apalagi untuk kirim barang yang jaraknya jauh tentu saja ada resiko yang lebih besar jika tidak menggunakan jasa kirim barang berkualitas. 

Sekarang tentu Anda sudah tahu apa itu ongkir dan juga bagaimana cara menghemat ongkir terutama bagi yang ingin kirim barang sangat banyak setiap hari. Untuk pilihan ekspedisi terbaik apalagi untuk pengiriman barang darat bisa pilih Sentral Cargo.

Jasa pengiriman ini merupakan salah satu jasa ekspedisi terbesar dan terpercaya di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 2007 dan fokusnya pada pengiriman barang atau paket berukuran besar. Jasa pengiriman ini menawarkan kirim barang baik lewat darat, udara juga laut dengan sistem yang terintegrasi secara teknologi dari awal sampai akhir sehingga barang bisa sampai di tempat tujuan dengan aman.

Tidak ada komentar untuk "Apa itu Ongkos Kirim dan Tips Berhemat Ongkir"