Kenali Penyebab Hidung Bayi Tersumbat

Kondisi hidung bayi yang tersumbat tentunya membuat para moms bingung dan khawatir. Guna mengatasi hal ini, tentunya banyak cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa dilakukan di rumah. Namun penting bagi para moms untuk terlebih dahulu mengetahui penyebab hidung tersumbat pada bayi agar tidak salah langkah dalam mengatasinya. Penyebab hidung bayi tersumbat diantaranya adalah: 

1. Flu

Flu atau Common Cold yang sering terjadi pada bayi membuat hidung terasa gatal dan mengeluarkan lendir. Hal inilah yang kemudian menyumbat saluran pernapasan bayi. 

2. Alergi

Alergi juga dapat menyebabkan hidung bayi tersumbat. Alergi ini sendiri dapat berasal dari serbuk sari, tungau debu, atau bulu hewan peliharaan. Benda-benda tersebut dapat masuk ke dalam hidung bayi yang akan menyebabkan peradangan pada hidung dan selanjutnya membuat produksi lendir berlebih dan menyumbat hidung. 

3. Virus

Virus menjadi salah satu penyebab hidung bayi tersumbat. Virus yang dimaksud salah satunya adalah virus flu yang menyebabkan influenza terjadi. Berbeda dengan flu biasa, influenza tidak hanya mengakibatkan hidung tersumbat, tapi juga berpengaruh terhadap tenggorokan dan paru-paru. Untuk itu moms harus lebih berhati-hati untuk membedakan antara common cold dan influenza ya. 

4. Benda yang masuk ke dalam hidung

Banyak benda lainnya yang masuk ke dalam hidung bayi dan menyebabkannya tersumbat. Mainan-mainan kecil yang menutup saluran pernapasan di hidung bayi membuat bayi kesulitan bernafas. Oleh karena itu, moms harus ekstra perhatian ketika bayi mulai bermain dengan benda-benda kecil yang bisa masuk ke dalam hidung. 

5. Kualitas udara yang buruk

Kualitas udara yang buruk tentu berpengaruh kepada bayi. Ketika udara yang dihirup bayi dingin dan kering, hal ini membuat lapisan dalam hidung bayi menjadi iritasi dan meradang sehingga membuat hidung menghasilkan lebih banyak lendir dari biasanya. Jika hal ini terjadi maka hidung bayi akan tersumbat. 

Di sisi lain, kualitas udara yang pernuh dengan polutan juga akan mempengaruhi indera penciuman bayi yang masih sensitif yang membuat bayi mudah sakit di area pernapasan dan menyebabkannya tersumbat. 

6. Deviated septum

Deviated septum adalah kondisi dimana salah satu sisi lubang hidung bayi tidak sama atau salah satu lebih besar dari yang lainnya. Hal ini terjadi karena septum atau tulang lunak yang terletak di antara lubang hidung yang seharusnya membagi lubang hidung menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama, mengalami penyimpangan atau kondisi deviasi sehingga mengakibatkan salah satu lubang hidung bayi lebih besar dari yang lainnya.

Deviated septum ini dapat terjadi saat perkembangan janin di dalam kandungan. Kondisi yang dapat menyebabkan hidung tersumbat dan bayi kesulitan bernapas adalah ketika perbedaan lubang hidung yang terjadi cukup besar dan untuk itu moms harus segera konsultasikan ke dokter. 

Nah, sekarang mom sudah mengenal beberapa penyebab hidung bayi tersumbat. Kenali dengan baik dan mulai pelajari cara mengatasinya sesuai dengan penyebabnya. Hindari memberikan obat secara asal atau melakukan tips ekstrim untuk mengatasi hidung tersumbat hanya karena moms lainnya sering melakukannya. Bagaimana pun masing-masing bayi memiliki kondisinya sendiri. 

Cara terbaik adalah dengan mengkonsultasikannya ke dokter agar dokter dapat menganalisa penyebabnya dan memberikan solusi yang tepat dan sesuai. Semoga artikel ini bermanfaat ya moms!

Tidak ada komentar untuk "Kenali Penyebab Hidung Bayi Tersumbat"