Yuk Waspada! Ini Tanda Tanda Menstruasi yang Tidak Normal

tanda tanda menstruasi

Ada banyak tanda tanda menstruasi tidak normal yang bisa perempuan alami, termasuk terkait periode haid. Memang, setiap perempuan memiliki periode menstruasi yang berbeda-beda.

Tidak hanya itu, intensitas darah yang keluar pun tidak akan sama satu dengan individu lain. Ada yang mengeluarkan darah sedikit hingga sangat banyak sehingga menyebabkan tidak nyaman.

Perasaan kurang nyaman itulah yang mengakibatkan perempuan tidak mampu melakukan aktivitas pada hari pertama haid. Sebenarnya, jika selama periode menstruasi datang secara konsisten, maka seorang perempuan tidak perlu cemas.

Akan tetapi, perlu kamu waspadai apabila ada perubahaan pada siklus menstruasi. Tentunya, perubahan ini bisa menjadi tanda jika kesehatanmu sedang terganggu.

Nah, berikut ini ada beberapa tanda menstruasi yang tidak normal. Simak pembahasannya sampai selesai agar tidak ada informasi yang terlewati, ya! 

Telat Menstruasi

Tanda haid tidak normal yang pertama adalah telat menstruasi. Beberapa perempuan memang mempunyai siklus yang teratur daripada lainnya. Namun, sebagian besar perempuan mengalami menstruasi setiap 28 hari sekali.

Apabila tiba-tiba haid berhenti akan ada beberapa penyebabnya seperti kehamilan. Tetapi, jika bukan kehamilan, mungkin ada hal lain yang bisa mengakibatkan haid datang terlambat. Misalnya, kenaikan berat badan, penggunaan pil KB, stres berat, dan sindrom ovarium polikistik atau PCOS. 

Durasi Menstruasi Telalu Singkat atau Lama

Biasanya, periode menstruasi yang normal bisa berlangsung antara dua sampai tujuh hari. Pastinya, penggunaan kontrasepsi hormonal bisa mempercepat siklus haid. Apabila haid yang semula memiliki siklus normal dan tiba-tiba menjadi jauh lebih singkat, bisa saja ini menjadi tanda adanya gangguan kesehatan seperti ketidakseimbangan hormon atau polip.

Kram yang Sangat Intens

Keadaan ini terjadi karena adanya kontraksi uterus yang mendorong keluar lapisannya. Biasanya, kram terasa satu atau dua hari sebelum haid mulai dan kram berlangsung selama 2-4 hari.

Bagi beberapa perempuan, kram dengan intensitas ringan tidak akan menggangu aktivitasnya. Namun, ada juga perempuan yang mempunyai kram parah atau dismenore. Kram ini bisa terjadi karena fibroid, penggunaan IUD, penyakit radang panggul, dan penyakit menular seksual. 

Nyeri Payudara

Payudara akan terasa lebih lunak selama masa haid. Hal ini karena fluktuasi kadar hormon. Ada beberapa kasus pada bagian ketiak yang terhubung dengan beberapa jaringan payudara bernama Tail of Spence akan terasa sakit.

Apabila payudara sakit tidak seperti siklus bulanan biasanya, kamu perlu waspada. Walaupun nyeri payudara bukan karena kanker, namun bisa jadi ini adalah gejala penyakit serius. 

Muntah atau Diare

Tanda menstruasi yang tidak normal selanjutnya yakni perut terasa sakit ketika menstruasi. Ada sekitar 73% wanita mengatakan pernah mengalami sakit perut, diare, atau keduanya pada saat haid. Apabila gejala tersebut terlihat tidak normal, bisa jadi keadaan tersebut menjadi tanda gangguan kesehatan yang serius.

Muntah atau diare yang terlalu berlebihan bisa mengakibatkan kekurangan cairan tubuh. Oleh sebab itu, jika kamu mengalami hal ini segera periksakan diri ke rumah sakit, ya!

Demikianlah beberapa tanda haid yang tidak normal. Jika kamu mengalami perubahan yang mencurgikan dan tidak biasa seperti siklus bulanan, kamu perlu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kesehatan diri.

Yuk, mulai peduli dengan perubahan dan kebutuhan kesehatan kewanitaan diri sendiri. Mari memperbanyak membaca artikel dari CHARM GIRL`S TALK untuk menambah pengetahuan tentang menstruasi dan beragam informasi seputar perempuan lainnya.

CHARM GIRL`S TALK telah menyajikan banyak informasi menarik mengenai kesehatan wanita dengan cara yang enjoy. Penasaran dengan berbagai pembahasannya? Segera kunjungi www.charmgirlstalk.com. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar untuk "Yuk Waspada! Ini Tanda Tanda Menstruasi yang Tidak Normal"