Ini Dia Keuntungan Belanja secara Online

Dua tahun belakangan, kebiasaan belanja kebutuhan sehari-hari atau grocery shopping masyarakat kota mulai bergeser ke format daring atau online. Tren ini tentu tidak lepas dari kemunculan virus COVID-19 yang membuat banyak orang enggan mendatangi tempat-tempat ramai lagi.

Tidak heran jika sektor bisnis lain, seperti penjual oleh-oleh atau makanan khas Malang Pia Mangkok, juga mulai membuka toko secara online demi memenuhi kebutuhan pasar. Lebih dari itu, kebiasaan belanja secara online juga sebetulnya membawa banyak keuntungan, lho. Apa sajakah keuntungan yang dimaksud?

Simak ulasan yang dilansir dari Kompas.com dan situs Jenius berikut! 

Hemat waktu dan uang

Keuntungan ekonomi pertama tentu saja hemat waktu dan uang. Pasalnya, Anda tidak lagi perlu meluangkan waktu dua-tiga jam dalam sehari untuk membelanjakan semua kebutuhan harian Anda di supermarket. Dan lagi, alih-alih harus repot membuat catatan belanjaan di supermarket, Anda bisa langsung memasukkan barang-barang yang Anda butuhkan itu ke keranjang belanja saat sedang membuka situs atau aplikasi belanja supermarket daring. Terbayang, kan, sudah berapa jam dalam satu hari Anda yang tidak jadi terbuang untuk sekadar berbelanja?

Selain itu, Anda juga bisa hemat pengeluaran. Hal ini tidak lain karena Anda tidak perlu membuang bensin dan membayar parkir demi berbelanja langsung di supermarket menggunakan mobil atau motor Anda. Sebaliknya, Anda cukup klik-klik situs atau aplikasi belanja, bayar, dan tunggu belanjaan diantar oleh kurir. 

Dapatkan potongan harga yang tinggi

Beberapa tahun sebelum pandemi, aktivitas belanja online untuk kebutuhan sandang (seperti pakaian, aksesori, perlengkapan diri, dan lain sebagainya) sebetulnya sudah cukup marak di Indonesia. Salah satu tandanya adalah adanya Harbolnas (Hari Belanja Nasional), year-end sale, dan lainnya. Pada momen-momen ini, merek-merek dagang dalam format daring biasanya akan memberi potongan harga gila-gilaan sebagai strategi untuk menarik pelanggan. 

Nah, berhubung aktivitas belanja online semakin lazim, merek-merek dagang juga perusahaan e-commerce memperbanyak momen diskon buat para konsumen. Setiap tanggal kembar dengan bulan berjalan (misalnya 1 Januari, 2 Februari, dst.), selalu ada event potongan harga yang tinggi. Momen ini tentu juga berlaku apabila Anda ingin belanja kebutuhan rumah tangga di sekitar tanggal-bulan kembar itu. Sudah hemat ongkos dan parkir, Anda juga masih bisa dapatkan potongan harga yang tinggi dari merek-merek dagang! 

Waktu yang fleksibel

Jika Anda seorang pekerja kantoran, pasti Anda hanya bisa berbelanja ke supermarket di jam-jam setelah pulang kerja atau pada akhir pekan. Begitu juga ribuan pekerja kantor lain yang ada di kota tempat Anda tinggal. Alhasil, tempat berbelanja akan padat dan ramai. Namun, masalah ini tidak lagi akan Anda temui jika Anda berbelanja secara daring.

Sebab, Anda bisa melakukan hal tersebut kapan saja; pagi hari sebelum bekerja, saat jam istirahat, selepas jam kerja, atau dini hari sekali pun. Tak sampai di situ, aktivitas belanja Anda juga tidak akan terganggu pihak lainnya. Sehingga, Anda bisa berbelanja dengan tenang.

Itulah dia beberapa keuntungan berbelanja secara online. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

Tidak ada komentar untuk "Ini Dia Keuntungan Belanja secara Online"