Penting! Ladies, Yuk Cek Kesehatan Tubuh Melalui Darah Haid

Publikasi - Saat sedang haid atau menstruasi, ladies alangkah baiknya memperhatikan warna darah haid yang keluar. Mengapa harus memperhatikan warna darah haid? Hal ini karena warna darah haid yang keluar bisa menandakan kondisi tubuh ladies. 

Warna darah haid menjadi indikator kesehatan ladies. Penting juga ladies perhatikan seperti siklus menstruasi, durasi menstruasi, volume darah yang keluar, konsistensi darah, hingga teksturnya. 

Pada umumnya, darah haid berwarna merah. Namun ketika diperhatikan lebih, warna darah haid bervariasi. Macam macam darah haid bervariasi. Hal ini karena stres yang dialami ladies, perubahan berat badan yang drastis, infeksi, hingga terkena penyakit menular seksual. 

Ladies untuk memastikan kesehatan tubuh, maka tak salah untuk mengecek warna darah haid. Apabila terjadi perubahan warna dari siklus biasanya, ladies bisa langsung berkonsultasi dengan dokter. 

Macam-macam darah haid yang perlu ladies ketahui 

Darah haid merah tua

Saat ladies bangun di pagi hari dan mendapati darah haid berwarna merah gelap, ladies tak perlu khawatir. Kondisi ini terjadi karena darah yang tersimpan di uterus cukup lama. Sehingga darah mengalami oksidasi. Warna gelap pada darah haid juga menandakan bahwa menstruasi yang ladies alami akan selesai. 

Darah haid warna merah terang

Darah yang keluar berwarna merah terang ini pada umumnya terjadi di awal menstruasi. Ini menandakan darah haid tersebut masih segar. Seringkali warna darah haid merah terang ini bertahan dalam beberapa hari dan akan menjadi lebih gelap ketika haid akan selesai. 

Namun darah haid yang berwarna merah terang ini bisa menjadi tanda adanya infeksi tertentu seperti klamidia atau gonore. Kedua infeksi ini menyebabkan terjadinya pendarahan di tengah siklus haid. 

Darah haid warna merah muda

Warna haid merah muda akibat dari siklus haid yang lebih singkat. Hormon estrogen yang rendah menyebabkan haid warna merah muda. Perubahan tubuh secara drastis juga menjadi sebab darah haid berwarna merah muda. 

Darah haid cokelat tua

Warna darah haid cokelat tua karena durasi haid yang akan berakhir. Artinya, dalam waktu dekat kamu sudah bisa mempersiapkan untuk bersuci diri.

Darah haid warna hitam

Warna darah haid yang hitam ini karena darah yang tersimpan di rahim mengalami oksidasi. Sehingga warna darah berubah dari merah menjadi merah tua, kecokelatan, dan hitam.

Darah haid warna abu-abu

Saat ladies mengeluarkan darah haid warna abu-abu, ini perlu diwaspadai. Hal ini karena menandakan terjadinya infeksi seperti vaginosis bakterial. Apalagi saat ladies keluar haid warna abu-abu disertai kondisi demam, gatal, serta bau amis di cairan vagina. Alangkah lebih baik ladies segera periksa kesehatan ke dokter.

Tidak ada komentar untuk "Penting! Ladies, Yuk Cek Kesehatan Tubuh Melalui Darah Haid"