5 Jenis Altcoin yang Perlu Diketahui

5 jenis altcoin yang perlu diketahui

Bagi yang sudah terjun di dunia cryptocurrency, mungkin sudah familiar dengan nama Altcoin. Altcoin adalah jenis mata uang kripto selain Bitcoin dan Ethereum. Awalnya, Altcoin berfungsi untuk meningkatkan aspek Bitcoin. Namun, saat ini menjadi salah satu aset kripto yang banyak diminati oleh masyarakat.

Altcoin juga merupakan investasi yang cukup menjanjikan selain jenis mata uang kripto lainnya. Nah, berikut ini adalah 5 jenis Altcoin yang perlu diketahui sebelum mulai investasi. Yuk langsung disimak!

Staking Based

Pertama adalah Staking Based, yang memverifikasi transaksi menggunakan proses staking. Jadi, pengguna yang melakukan staking sudah memiliki aset kripto untuk disimpan dan dikunci. Jika berhasil terverifikasi, pengguna akan memperoleh reward tambahan.

Mining Based

Jenis Altcoin Mining Based ini adalah mata uang kripto yang mempunyai lebih banyak koin ke persediaan. Jika ingin melakukan penambangan, maka kita harus memecahkan persamaan matematika untuk memverifikasi blok transaksi.

Penambang yang berhasil memecahkannya akan diberi reward berupa sejumlah aset kripto. Namun, kelemahan dari sistem Mining Based ini adalah menggunakan energi yang cukup banyak.

Stablecoin

Selanjutnya ada Stablecoin, jenis Altcoin yang dirancang untuk memenuhi maupun mengikuti harga aset lainnya. Tujuannya agar volatilitas yang sering terjadi di pasar bisa berkurang dan membuat harganya terus stabil.

Oleh karena itu, sebagian besar orang lebih memanfaatkan stablecoin sebagai tabungan dibandingkan sebagai instrumen investasi.

Security Token

Security Token ialah aset kripto yang sengaja disambungkan dengan perusahaan atau bisnis. Serupa dengan sekuritas yang diperdagangkan di pasar modal. Jenis Altcoin ini menawarkan ekuitas seperti bentuk kepemilikan perusahaan hingga dividen.

Umumnya, Security Token diluncurkan bersamaan ketika ICO (Initial Coin Offering) untuk menambah daya tarik suatu proyek kripto.

Utility Token

Jenis Altcoin terakhir adalah Utility Token. Utility Token merupakan aset kripto yang diluncurkan untuk menjalankan suatu jaringan kripto. 

Memiliki bentuk yang bermacam-macam, seperti digunakan untuk membeli item atau service hingga membayar biaya yang dikenakan dalam jaringan. Utility Token bersifat crowdfunding, tidak menawarkan ekuitas bagi para pemiliknya seperti Security Token.

Demikianlah informasi tentang 5 jenis Altcoin yang perlu diketahui. Cari tahu informasi tentang kripto sebelum membelinya di Pintu News. Investasi kripto akan semakin nyaman dan aman dengan menggunakan aplikasi Pintu.

Aplikasi ini telah terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI, sehingga keamanannya benar-benar terjamin. Proses pendaftaran dan verifikasinya pun cukup dalam waktu 10 menit. Yuk download Pintu sekarang juga dan mulai investasi kripto dengan aman!

Tidak ada komentar untuk "5 Jenis Altcoin yang Perlu Diketahui"