Luar Biasa, Inilah Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Tubuh Kita

manfaat jagung

Publikasi - Manfaat jagung ternyata cukup banyak bagi kesehatan. Kita bisa mengolahnya menjadi camilan seperti jagung rebus, popcorn atau berondong jagung. Ada olahan lain yang berbahan dasar jagung seperti tortilla, tortilla chips, tepung jagung, dan minyak jagung.

Kandungan Gizi Jagung yang baik untuk Kesehatan

Kandungan gizi pada jagung bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti karbohidrat, protein, serat, dan sejumlah vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung, antara lain folat, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Sedangkan kandungan mineral di antaranya, mangan, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, magnesium, seng, dan tembaga. 

Jagung juga mengandung lemak dalam jumlah sedikit, namun Anda tidak perlu khawatir karena jenis lemaknya adalah lemah baik. Sedangkan, minyak jagung mengandung sejumlah vitamin E, ubiquinone (coenzyme Q10), dan fitosterol yang dipercaya dapat memberi pengaruh baik pada kolesterol di tubuh Anda. 

Manfaat Jagung bagi Kesehatan

Sahabat yang baik hati, Beberapa manfaat jagung bagi tubuh bisa Anda simak di uraian berikut ini. 

Mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung

Jagung yang kaya nutrisi ternyata memiliki dampak yang bagus bagi kesehatan jantung. Berbagai penelitian menemukan bahwa mengonsumsi makanan tinggi serat dan protein, serta menghindari makanan yang berlemak jahat merupakan salah satu faktor penting dalam mencegah penyakit jantung. 

Salah satu makanan yang sesuai dengan kriteria tersebut adalah jagung. Anda dapat mengonsumsi jagung dan kacang-kacangan sebagai pengganti nasi putih secara rutin, dengan begitu risiko Anda terkena penyakit jantung lebih kecil dari orang lain. 

Menjaga mata dari penyebab kebutaan

Penyebab kebutaan yang paling umum disebabkan oleh katarak dan degenerasi makula. Beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini, yaitu penuaan dan nutrisi yang kurang.

Asupan nutrisi yang mengandung antioksidan berupa karotenoid, seperti zeaxanthin dan lutein yang terkandung dalam jagung kuning, diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan mata Anda. Lutein dan zeaxanthin berperan untuk menangkal efek kerusakan sel mata, sehingga dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak. 

Menurunkan risiko diabetes serta mengontrol kadar gula darah

Jagung termasuk dalam kelompok makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. Sehingga baik bagi Anda yang mengalami prediabetes, yakni keadaan yang menunjukkan bahwa Anda berisiko mengalami diabetes tipe 2.

Bagi penderita diabetes, harus pintar-pintar memilih sumber karbohidrat, sebab karbohidrat dapat menaikkan kadar gula darah. Jenis karbohidrat kompleks yang didapatkan dari sayuran yang mengandung pati dapat menjadi salah satu pilihan, karena baik untuk kesehatan. Maka, jagung bisa dimanfaatkan oleh para penderita diabetes untuk dijadikan salah satu sumber karbohidrat yang sehat. 

Mencegah penyakit divertikulosis

Berdasarkan sejumlah penelitian yang dilakukan, manfaat jagung disebut dapat mencegah penyakit divertikulosis. Hasil kajian yang melibatkan 47.228 pria selama 18 tahun, menurunkan 28% risiko terjadinya penyakit divertikulosis apabila mengonsumsi berondong jagung atau popcorn secara rutin . Namun, manfaat jagung sebagai pencegahan penyakit ini masih perlu ditelaah lebih lanjut.

Untuk mendapatkan manfaat jagung secara maksimal, Anda disarankan untuk mengonsumsi jagung segar yang diolah menjadi sirup jagung. Beberapa manfaat jagung di atas mungkin perlu dikaji lebih dalam. Meski demikian, jangan pandang remeh jagung yang sering orang-orang anggap sebagai makanan orang desa, karena ternyata jagung kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah sahabat, mengetahui manfaat jagung yang begitu banyak, jangan bosan untuk makan jagung ya. Semoga bermanfaat dan sehat selalu, Sahabat sekalian.

Tidak ada komentar untuk "Luar Biasa, Inilah Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Tubuh Kita"