Kasir Elektronik BukuWarung Dapat Mempermudah Laporan Keuangan


kasir elektronik


Setelah memilih barang yang diinginkan pastinya secara otomatis kita harus menemui kasir untuk melakukan pembayaran. Dimana kasir merupakan orang yang bertanggung jawab untuk melayani pembayaran yang dilakukan pelanggan dan memasukkan uang kedalam mesin kasir. 

 Pekerjaan ini biasanya dapat kamu jumpai di toko swalayan, minimarket, mall, dan berbagai toko lainnya. Selain itu, kasir juga memfasilitasi transaksi yang dilakukan oleh pelanggan dengan bentuk pembayaran berupa uang tunai dan non-tunai. 

Fungsi kasir sendiri terbagi menjadi dua, yaitu: 

1. Pelayanan 

Seorang kasir harus terbiasa melakukan pelayanan yang baik kepada konsumen atau customer. Walaupun tugas utamanya adalah menghitung dan melakukan proses transaksi, namun fungsi pelayanan harus tetap berjalan dengan baik. 

Dalam menjalankan fungsinya yang satu ini, seorang kasir dituntut untuk memiliki product knowledge dan attitude yang baik, supaya pelanggan tidak merasa kecewa. Sebaliknya, jika mereka merasa puas, maka bukan tidak mungkin customer tersebut akan kembali dan melakukan pembelian atau bertransaksi lagi 

2. Melakukan Perhitungan Transaksi 

Seperti yang telah kita ketahui, fungsi kasir adalah sebagai petugas yang melakukan perhitungan saat transaksi. Barang-barang yang dipilih dan dibeli konsumen akan dihitung berdasarkan harganya. 

Ketelitian dan kemampuan perhitungan sangat menentukan bagi profesi kasir. Walaupun pekerjaan mereka dibantu oleh mesin ataupun sistem, namun mereka harus tetap jeli dan memerhatikan detail. 

Tugas Kasir 

1. Melakukan Proses Transaksi Penjualan 

Seorang pelanggan yang akan membayar barang yang dibelinya, pasti akan menuju meja kassa. Disitulah proses tranaksi itu terjadi. Kasir akan melakukan penginputan kode barang dan menghitung total biaya yang harus dibayarkan. 

2. Menghimpun dan Mencatat Data Penjualan 

Setiap barang yang telah terjual, sudah seharusnya memiliki catatan tersendiri, yang nantinya akan dilaporakan juga dihitung apakah balance atau tidaknya dengan barang yang masih tersisa. 

3. Menginput Data Sales 

Hasil penjualan yang didapat perhari, perbulan bahkan pertahun merupakan tugas kasir untuk menginput atau memasukkan informasi tersebut kedalam sistem yang akan menjadi data di bagian finance perusahaan. 

4. Memberikan Informasi yang Dibutuhkan Customer terkait Produk 

Disinilah, pengetahuan tentang brand dan produk apa saja yang dimiliki perusahaan harus dipahami betul oleh seorang kasir. Karena, kemungkinan konsumen akan bertanya langsung jika ada hal-hal yang kurang begitu ia pahami. 

Begitupun jika toko sedang mengadakan program promo maupun diskon. Kasir harus bisa menjelaskan kepada pelanggan secara spesifik agar tidak terjadi kesalahpahaman. Kemampuan berkomunikasi sangat diperlukan dalam hal ini. 

Di era modern dengan perkembangan teknologi yang semakin maju telah muncul fitur mode kasir elektronik. Jadi anda tidak perlu mencatat secara manual ataupun harus melakukan transaksi secara langsung. Fitur ini tentu sangatlah bermanfaat terutama untuk para UMKM. 

Sudah banyak aplikasi yang menyajikan dengan fitur kasir elektronik, akan tetapi yang perlu anda pahami terlebih dahulu. Lihat bagaimana keunggulan dari fitur yang ditampilkan oleh aplikasi. Contoh aplikasi BukuWarung, aplikasi ini memiliki fitur mode kasir secara otomatis hanya dengan menulis pemasukan dan pengeluaran, bahkan bisa secara otomatis mengupdate stok barang yang dibeli. 

Tidak hanya memiliki berbagai macam fitur yang memiliki banyak kelebihan, pada aplikasi BukuWarung pada fitur pembayaran hanya perlu mengisi top up e wallet seperti Dana, Ovo, Dll.

Tidak ada komentar untuk " Kasir Elektronik BukuWarung Dapat Mempermudah Laporan Keuangan "