Wow! Berikut Keuntungan Investasi Equity Crowdfunding

Publikasi - Saat ini telah tersedia beragam platform dan instrumen yang dapat kamu pilih untuk berinvestasi. Salah satunya yaitu investasi Equity Crowdfunding. 

Apa itu Equity Crowdfunding?

Equity crowdfunding merupakan penawaran efek melalui layanan urun dana berbasis teknologi informasi. Melalui platform ini, penerbit dapat menjual efek secara langsung kepada pemodal melalui aplikasi atau website yang dimiliki platform penyelenggara, salah satunya Amartha. 

Siapa saja yang terlibat dalam Equity Crowdfunding?

Pertama, Penyelenggara Layanan Urun Dana. Yaitu badan hukum Indonesia yang menyediakan, mengelola dan mengoperasikan layanan urun dana. 

Kedua, Pengguna layanan urun dana. Pengguna dibagi menjadi dua, yaitu penerbit dan pemodal. Penerbit yaitu badan usaha Indonesia yang menerbitkan efek melalui layanan urun dana. Di Amartha, Penerbit disebut juga sebagai Partner. 

Lalu adan Pemodal, yaitu pihak yang membeli efek Penerbit melalui layanan urun dana. Nah, apakah kamu sudah ada gambarannya? 

Sederhananya, crowdfunding merupakan urun dana. Investasi Equity crowdfunding artinya kita sebagai Pemodal atau Investor patungan untuk memenuhi kebutuhan modal suatu perusahaan guna melakukan ekspansi bisnis. 

Patungan yang kita lakukan yaitu dengan cara membeli efek yang diterbitkan Penerbit mulai dari saham, saham syariah, obligasi, obligasi konversi, hingga sukuk melalui platform penyelenggara urun dana. Misalnya, Amartha. 

Melalui skema ini akan terjadi hubungan yang saling menguntungkan antara para pihak. Penerbit mendapatkan modal untuk ekspansi bisnis, dan investor mendapatkan bagi hasil secara berkala. 

Nah, apa saja sih keuntungan berinvestasi melalui platform Equity crowdfunding? Yuk kita simak selengkapnya! 

Keuntungan Investasi Equity Crowdfunding

Meski crowdfunding belum sepopuler jenis investasi lainnya, tetapi potensinya sangat besar. Mengingat aksesnya yang mudah karena berbasis internet sehingga dapat dilakukan di mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. 

Berikut keuntungan investasi Equity crowdfunding bagi investor: 

1. Aksesnya mudah

Seluruh kegiatan investasi dilakukan secara online melalui web dan aplikasi yang penyelenggara miliki. Sehingga investor tidak perlu repot, cukup satu aplikasi saja sudah memudahkan kamu untuk berinvestasi. 

2. Beragam Instrumen dalam Satu Platform

Melalui Equity crowdfunding kamu dapat berinvestasi pada beragam instrumen sesuai profil risikomu. Mulai dari saham, saham syariah, obligasi, obligasi konversi, hingga sukuk. 

3. Transparansi Penggunaan Dana

Salah satu syarat menjadi Penerbit yaitu melampirkan kegunaan dana atau rencana bisnis yang akan dilakukan. Selain itu, penerbit wajib memberikan laporan realisasi dana kepada penyelenggara dan investor. 

Melalui sistem ini, Anda akan mendapatkan gambaran aliran dana investasi dan detail bisnis yang akan Anda danai. 

Selain keuntungan yang disebutkan di atas, terdapat juga risiko bagi investor. Namun, risiko dapat diminimalisir dengan melakukan hal-hal sebagai berikut: 

  • Menggunakan platform Equity crowdfunding yang terpercaya. 
  • Membaca dan menganalisis prospektus bisnis yang ingin Anda danai. 
  • Memilih instrumen investasi sesuai dengan profil risiko. 

Peran Equity Crowdfunding bagi Pelaku Bisnis

1. Memberikan Kemudahan Akses Modal

Seperti yang kita ketahui, modal merupakan salah satu permasalahan klasik UMKM yang sangat krusial. Banyak UMKM Indonesia yang potensial tetapi kesulitan dalam mengakses modal guna melakukan ekspansi bisnis. 

Melalui Equity crowdfunding Indonesia, kini UMKM dengan beragam bentuk badan hukum dapat mendapatkan modal dengan cara menerbitkan suatu efek. 

2. Pendanaan Hingga 10 Miliar

Dana yang banyak tersebut dapat digunakan pelaku usaha guna melakukan ekspansi, inovasi atau pengembangan bisnis. 

3. Bunga 0%

Urun dana berbeda dengan berutang atau pinjaman online. Skema Equity crowdfunding yaitu UMKM menerbitkan efek yang akan diperjual belikan melalui web dan aplikasi penyelenggara kepada seluru investor tanah air. Seluruh uang yang terkumpul murni untuk penerbit melakukan ekspansi bisnis. 

4. Pencairan Cepat

Setelah dana terkumpul, pencarian dana untuk kebutuhan ekspansi bisnis langsung cair maksimal 2 minggu setelah terkumpul. 

5. Tanpa Jaminan

Untuk melakukan penggalangan dana, UMKM tak perlu menyetorkan jaminan. Sehingga tidak memberatkan pelaku usaha. Namun, investor tidak perlu khawatir karena UMKM yang menerbitkan efek memiliki underlying asset. Kamu dapat pelajari cara investasi saham di Equity crowdfunding sebelum mulai berinvestasi. 

Nah, apakah kamu tertarik investasi Equity crowdfunding atau menjadi partner Amartha guna mendapat akses modal guna ekspansi bisnismu?

Tidak ada komentar untuk "Wow! Berikut Keuntungan Investasi Equity Crowdfunding"