5 Kandungan Pisang Raja dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Publikasi - Pisang raja adalah salah satu buah yang popularitasnya cukup tinggi. Di Indonesia, pisang raja sering disajikan sebagai makanan penutup. Buah berwarna kuning ini mempunyai rasa yang manis dan tekstur empuk yang legit. 

Tidak hanya enak, pisang raja juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Dalam sebuah pisang raja terkandung serat, kalium, vitamin B6, vitamin C, dan berbagai antioksidan serta fitonutrien yang dibutuhkan tubuh. Untuk kamu yang gemar mengonsumsi pisang raja, yuk, ketahui 7 kandungan pisang raja dan manfaatnya untuk kesehatan di bawah ini. 

Kandungan pisang raja per 100 gr 

  • Energi: 99 kkal 
  • Protein: 1,2 gr 
  • Lemak: 0,2 gr 
  • Karbohidrat: 25,8 gr 
  • Kalsium: 8 mg 
  • Fosfor: 28 mg 
  • Zat Besi: 1 mg 
  • Vitamin A: 146 IU 
  • Vitamin B1: 0,08 mg 
  • Vitamin C: 3 mg 

Ini manfaat kandungan pisang raja untuk kesehatan 

1. Nutrisi alami untuk mengatur kadar gula darah

Pisang raja kaya akan nutrisi alami yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah kandungan serat pektin. Kandungan pisang raja yang satu ini diyakini sebagai nutrisi yang penting untuk mengatur kadar gula daran. Tidak hanya itu, serat pekti bahkan juga diyakini mampu melawan kanker usus. 

Menurut Asosiasi Diabetes Amerika, pisang raja tetap dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes namun jumlahnya harus dibatasi. Dalam satu buah pisang raja setidaknya terdapat 27 gr karbohidrat, 14 gr gula, dan 105 kalori. 

2. Kaya serat yang baik untuk tubuh

Kandungan pisang raja lainnya yang baik untuk tubuh yaitu serat. Pada sebuah pisang raja berukuran sedang setidaknya ada 3 gr serat. Kandungan tersebut menjadikan pisang raja sebagai salah satu sumber serat alami yang baik untuk kesehatan. 

Manfaat serat sangat banyak untuk tubuh, salah satunya adalah melancarkan dan menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, rutin mengonsumsi pisang raja juga diyakini berkhasiat untuk melawan kanker usus besar. Namun, masih dibutuhkan penelitan lebih lanjut untuk memastikan kebenaran manfaat pisang raja untuk mengatasi kanker tersebut. 

3. Rendah kalori, berguna untuk menurunkan berat badan

Meski banyak mengandung gula, tetapi kandungan yang ada di dalam pisang raja adalah gula alami, sehingga cenderung rendah kalori. Rata-rata satu buah pisang raja mengandung 100 kalori. Kandungan pisang raja pun didukung dengan nutrisi lain seperti serat, vitamin C dan B6, kalium, dan antioksidan yang baik menurunkan berat badan. 

Selain itu, pisang raja juga terdiri dari pati resisten. Kamu mungkin belum terlalu memahami istilah ini. Jadi pati resisten adalah istilah dalam ilmu gizi dan ilmu pangan dari jenis pati yang tidak tercerna dalam saluran atau sistem pencernaan manusia. Pati resisten dapat mengenyangkan dan membantu mengurangi nafsu makan. 

4. Mengandung kalium yang penting untuk kesehatan jantung

Pisang raja juga merupakan buah yang mengandung kalium. Kandungan ini adalah mineral baik yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dalam satu buah pisang raja terdapat kandungan kalium 9% dari RDI. 

Rutin mengonsumsi pisang raja yang kaya akan kandungan kalium dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Selain itu, pisang raja juga mengandung magnesium yang juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

5. Tinggi antioksidan, mampu menangkal radikal bebas

Antioksidan sangat dibutuhkan untuk menangkal radikal bebas serta membantu membuang racun di dalam tubuh. Pisang raja adalah salah satu buah yang tinggi akan antioksidan. Dua jenis antioksidan yang terkandung dalam pisang raja yaitu dopamin dan katekin. 

Kedua jenis antioksidan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beberapa diantaranya yaitu mengurangi resiko penyakit jantung dan kerusakan sel akibat radikal bebas. 

Kamu ingin merasakan langsung kandungan pisang raja dan manfaatnya? Yuk, langsung beli pisang raja segar di TaniHub! Platform e-commerce ini selain menyediakan pisang raja juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai. 

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Tidak ada komentar untuk "5 Kandungan Pisang Raja dan Manfaatnya untuk Kesehatan"