5 Aspek Penting Dalam Menetapkan Harga Produk Ekspor


Dalam urusan jual beli, harga senantiasa jadi suatu hal yang paling mendasar, baik itu di pasar lokal, ataupun skala internasional sekalipun. Mengingat begitu pentingnya harga, maka harga bisa saja menjelma sebagai penyambung terbaik antara penjual serta pembeli.

Jangan sampai diangap sepele, demi ingin meraup keuntungan yang melimpah, kita menaikkan harga secara ugal-ugalan. Ataupun kebalikannya, sebab mau laris, harga yang ditetapkan diminimalkan sehingga importir berkenan beli lagi. Jangan! Perkara harga sangatlah vital, pastikan kita menentukan secara cermat dengan pertimbangan yang matang.

Sebagai pencerahan terkait harga, pada postingan kali ini, kami hendak menerangkan beberapa aspek yang butuh kamu pertimbangkan ketika akan menetapkan harga produk ekspor. 

Keunggulan Produk
Hal yang begitu mendasar dalam memastikan harga sesuatu produk ekspor yakni memastikan keunggulan produk. Bila dirasa produk sangat unggul, menjadi wajar apabila harga yang ditawarkan kepada importir jadi besar. Idealnya, dalam persaingan dunia, siapa yang ingin mendapatkan keuntungan, maka ia perlu memastikan keunggulan produknya. 

Kuantitas produk
Di pasar, rumus yang mayoritas dijalankan yakni siapa yang menginginkan harga paling murah, maka ia perlu membeli produk dalam jumlah besar. Hal ini ternyata bisa diberlakukan pula pada penjualan internasional. Bila calon importir di negeri tujuan hendak memborong dalam jumlah besar, maka sebaiknya eksportir juga wajib memberinya harga eceran yang sangat rendah. Dengan demikian, keuntungan yang diperoleh eksportir walaupun kecil, namun mempunyai kelipatan yang banyak. 

Tingkatan risiko
Tidak hanya terletak pada keunggulan produk, pertimbangan lain yang butuh dicermati dikala memastikan sesuatu harga yakni tingkatan resiko sebuah produk. Bila resiko tatkala pengiriman benda kecil, eksportir dapat membagikan harga yang dirasa terbaiknya. Tetapi bila resikonya besar, hendaknya eksportir memikirkan harga yang menjamin kepuasan calon importir. 

Segmen pasar
Setelah mengidentifikasi keunggulan produk, selanjutnya kamu butuh memperhitungkan aspek segmentasi pasar. Supaya tepat sasaran, kamu butuh mengidentifikasi dengan sangat rinci pasar ekspor yang dituju. Dengan mengidentifikasi karakteristiknya, kita dapat menetapkan harga terbaik untuk calon importir.

Salah satu pertimbangannya dapat memperhitungkan aspek pemasukan di negeri tujuan. Kenali ruang lingkup mereka, misalnya dengan harga sekian, apakah warga akan mampu membeli produk dari kita. Kalau pertimbangan ini tidak maksimalkan, maka peluang produk laris di pasaran menjadi sangat minim. 

Tren Pasar
Tatkala kamu berniat kirim barang ke Malaysia atau negara lainnya, kamu perlu mengidentifikasi tren pasar di situ. Hal ini berkaitan dengan demand serta pengaruh produk di negara tujuan. Sebagai eksportir yang bijak, memberikan harga besar boleh, namun seimbangkan dengan tren di negeri tujuan. Sehingga produk yang diekspor bukan cuma pajangan, namun benar larisnya.

Nah sobat, demikianlah aspek penting yang perlu kamu pertimbangan tatkala mau menetapkan suatu harga produk ekspor. Mudah- mudahan mencerahkan!

Tidak ada komentar untuk "5 Aspek Penting Dalam Menetapkan Harga Produk Ekspor"